Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung

Diposting pada 735 views

Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung

Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung

Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi satu dengan lainnya dengan menggunakan aturan (protocol) tertentu. Mengelola jaringan yang hanya terdiri dari beberapa komputer (host) merupakan pekerjaan mudah. Namun jika jaringan tersebut berkembang dan memiliki ratusan bahkan ribuan host, maka mengelola jaringan akan menjadi mimpi buruk bagi setiap pengelola jaringan (Administrator jaringan).

peluang-usaha-depot-air-minum

Pekerjaan mengelola jaringan juga akan bertambah buruk jika letak ratusan/ribuan host tersebut tersebar di beberapa gedung. Semua itu membuat suatu instansi akan semakin sulit untuk mengatur jaringannya dan selalu berpikir bagaimana cara yang paling efektif untuk mengendalikan jaringan tersebut dan memilih topologi yang tepat.

“Pernah mengalami jaringan yang Hancur dikarenakan banyaknya perangkat yang terhubung kedalam jaringan, ciri-ciri jaringan hancur ditandai aktifitas data transfer tidak sesuai harapkan (macet). hal ini disebabkan broadcast yang berlebihan, contohnya dijaringan kampus, instansi pemerintah, perkantoran, dll yang membuat topologi jaringan dengan seadanya saja”

Untuk mempermudah mengelola jaringan dengan skala yang lebih luas tersebut maka jaringan (network) itu harus dipisahkan menjadi beberapa jaringan kecil. Mengatur beberapa jaringan kecil yang penghuninya hanya puluhan host tentu akan lebih mudah dari pada mengatur sebuah jaringan besar yang berisi ratusan bahkan ratusan/ribuan host.

Penerapan Dynamic Rounting di Local Area

Protokol Jaringan ini wajib diterapkan dimana saja? Protokol ini wajib diterapkan dijaringan yang sudah memiliki jumlah user yang sangat banyak, diantaranya :

1. Jaringan LAN antar gedung yang sudah memiliki jumlah diatas puluhan/ratusan/ribuan user.
2. Jaringan LAN Kampus antar gedung dengan jumlah mahasiswa hingga ratusan/ribuan user.

Kenapa harus wajib menggunakan protokol routing ? Dalam jaringan komputer, ada yang dikenal namanya Broadcast Domain, broadcast memiliki pengertian data dari satu host ke seluruh host yang ada dalam suatu jaringan. Broadcast sering atau bahkan selalu terjadi pada jaringan yang menggunakan teknologi ethernet. Teknologi ethernet inilah yang menjadi teknologi utama yang diimplementasikan pada jaringan local (LAN).

Broadcast yang berlebihan akan dapat menurunkan performa dari jaringan, sehingga perlu perhatian yang lebih, broadcast dalam jaringan local tidak dapat dihindari, namun yang dapat dilakukan adalah mengurangi ukuran dari broadcast dalam satu jaringan. jika suatu jaringan broadcast yang sangat berlebih secara fisik akan kelihatan/nampak lampu diswitch blinking dengan sangat cepat membuat seluruh device Host komputer, switch, server, radio wifi, device berbasis IP address akan semakin sibuk yang mengakibatnya hancurnya suatu jaringan.Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung

Dapat anda bayangkan jika jaringan di atas beranggotakan ratusan atau ribuan, maka jaringan akan mengalami penurunan performa, akibat banyaknya paket broadcast yang hilir mudik. Paket broadcast hanya digunakan pada awal dari suatu proses pengiriman data, bila ukuran broadcast semakin membesar, maka jaringan tersebut perlu dipecah menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil misalnya Jika jaringan tersebut dipecah menjadi dua jaringan atau lebih, maka secara bersamaan broadcast domain akan ikut terpecah menjadi dua juga. seperti gambar dibawah.

Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung

Pada gambar diatas untuk setiap host pada network I tidak dapat melakukan broadcast domain pada jaringan network II, tetapi komunikasi antara setiap host dengan network yang berbeda masih tetap berjalan, karena umumnya komunikasi data atau layanan dalam jaringan komputer bersifat unicast (pengiriman dari satu host pengirim kesatu host tujuan). Jadi router tadi hanya akan menahan paket broadcast dari sebuah host untuk menyebrang ke network tetangga, namun meloloskan paket dari suatu host jika paket yang dikirimkan adalah paket unicast.

Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung

Gambar Ilustrasi Topologi implementasi jaringan antar gedung

Sekian Informasi mengenai Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung, Bagi bapak/ibu semua yang sedang mencari info provider penyedia jasa layanan installasi / pemasangan jaringan internet ataupun jaringan komputer dengan tarif harga yang cukup terjangku dan kompetitif dengan kualitas layanan yang professional, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini. terimakasih sudah berkunjug di Website INDO-SOLUTION yang menginformasikan tentang artikel Perlu di Ketahui Dalam Membangun Jaringan Antar Gedung ini, Salam Sukses Selalu Ya. (Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *