Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah

Diposting pada 1,940 views

Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah

Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah
indo-solution – kali ini saya mau ngeshare soal “Membangun Jaringan Lan di Lab komputer sekolah” bisa dikatakan ini adalah tugas studi kasus dari guru saya, dan saya mengerjakannya dengan imajinasi saya yg terbatas :’v langsung disediakan oleh sekolah:

  • 20 unit PC
  •  LAN
  •  Server

kebutuhan/alat-alat yang di butuhkan:

  • kabel jaringan
  •  LAN Tester
  •  konektor
  •  tang Grimpig
  •  Swicth

langkah-langkah Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah :

Pengaturan IP Address, Computer Name, dan Workgroup:

1. Colokkan kabel UTP yang sudah dikonfigurasi dengan kabel straight ke port LAN card komputer pertama Anda.Jika Anda menggunakan Windows XP,buka Control Panel »» Network and Internet Connections »» Network Connections.Jika Menngunakan Windows 7 atau Vista, buka Control Panel. Pada icon Network and Internet, klik tulisan View Networks Status and Task.

2. Selanjutnya akan muncul jendela Networks and Sharing Center. Pada sisi sebelah kiri jendela ini, klik tulisan Change Adapter Setting.

3. Klik kanan pada Networkd Card Anda dan pilih properties.

4. Pada jendela Local Area Connection Properties, pilih Internet Protocol (TCP/IP) pada Windows XP atau Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) pada Windows 7 dan Vista. Kemudian klik tombol properties.

6. Pada jendela properties yang muncul, pilih opsi Use the following IP Address dan isikan dengan ip add yg anda maksud, misal:

  • IP address : 192.168.0.11
  • Subnet mask : 255.255.255.0
    Input yang tersisa bisa Anda kosongkan.

7. Klik OK untuk menyimpan setting dan klik tombol OK juga pada Local Area Connection Properties

8. Selanjutnya agar setiap komputer tersebut bisa berhubungan, maka Workgroup komputer-komputer dalam setiap jaringan LAN tersebut haruslah sama. Untuk itu, berikanlah nama Workgroup yang sama pada setiap komputer di LAN yang sama. Pada kasus ini saya menggunakan Workgroup LAN-1 untuk jaringan LAN 1, LAN-2 untuk jaringan LAN 2, LAN-3 untuk jaringan LAN 3, begitu juga dengan LAN lainnya. Caranya sebagai berikut:

  • Untuk pengguna Windows XP, bukalah system Properties dengan mengklik kanan icon My Computer dan pilih properties. Anda juga menekan tombol kombinasi keyboard Win + Break.
  • Bagi Anda pengguna windows 7, caranya sedikit sama yaitu buka system properties dengan cara seperti pada windows XP. Pada jendela yang muncul klik tulisan Change Setting pada bagian Computer name, domain, and workgroup setting.
  • Pada jendela System Properties, baik Windows XP, Vista ataupun Windows 7, klik tombol Change.Di jendela berikutnya berikan nama untuk Komputer 1 dengan nama yang diinginkan.
  • Klik OK dan klik OK juga pada jendela System Properties.Agar perubahan yang baru Anda lakukan berpengaruh pada system maka diperlukan proses restart. Untuk itu retart komputer Anda. Lakukanlah langkah-langkah yang sama dengan diatas untuk melakukan konfigurasi Network Card dan merubah nama komputer serta workgroup pada komputer lainnya. Namun, bedanya pada setiap komputer memiliki IP address, dan Nama komputer yang berbeda.
  • Untuk mengetahui apakah komputer tersebut sudah terhubung lakukanlanh ping dari komputer 1 ke komputer 2 atau ke komputer seterusnya. Caranya sebagia berikut:

Buka Command Prompt dengan menekan tombol keyboard Win + R.

Pada CMD ketik perintah “pingIP Address”. IP Addrees diisi dengan IP komputer yang ingin di ping. Jika Anda melakukan ping dari komputer 1, maka IP address diisi dengan IP komputer 2. Begitu juga sebaliknya.

Contoh perintah ping dari komputer 1 ke komputer 2:
ketikan ip addressnya lalu tekan enter, jika hasil 0% loss maka telah tersambung atau berhasil. tapi jika gagal 100% loss atau jawaban Reqwest Time out.

9. Pada bagian TCP/IP address isikan IP-nya, saran penulis gunakanlah no IP seperti ini: 192.168.0.1 serta no subnet-nya : 255.255.255.0. No ini mungkin dapat anda gunakan pada bagian SERVER

10. Untuk No IP Cliennya anda isi dgn no IP yg sama dgn SERVER, kecuali pada bagian HOST ID-nya atau/ nomer IP yg ada pada bagian paling akhir, pada bagian ini anda harus menggunakan nomer yg berbeda antara komputer yg satu dgn komputer yg lain. Setelah itu isikan no Subnetnya sama persis dgn apa yg ada pada Server.

11. Setelah semuanya terisi anda tinggal mengetes sambungan Jaringan yang telah anda buat. Caranya anda dapat menggunakan ComantPromt, yaitu bukalah ComantPromt pada tampilan utama ketik PING (spasi) NO IP (yg ada pada masing-masing komputer). Contoh : PING 192.168.0.2! Jika berhasil maka setelah ditekan enter akan ada jawaban: Repply from no ip yg anda ping (& seterusnya). Jika gagal maka akan ada jawaban Reqwest time out, / mungkin juga ada pesan yg lainya.

12. Teslah semua Jaringan, dgn cara yg sama seperti yang telah saya sampaikan diatas. Jika semua komputer telah terhubung dengan baik maka anda dpt langsung sharing data antar komputer serta (jika sudah terkonek dgn internet ) maka anda dapat langsung menikmati fasilitas Internet.

13. Selesai sudahlah kerja keras kita dari tadi.

kurang lebih skemanya seperti ini:Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah

Sekian Informasi mengenai Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah, Bagi bapak/ibu semua yang sedang mencari info provider penyedia jasa layanan installasi / pemasangan jaringan internet ataupun jaringan komputer dengan tarif harga yang cukup terjangku dan kompetitif dengan kualitas layanan yang professional, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini. terimakasih sudah berkunjug di Website INDO-SOLUTION yang menginformasikan tentang artikel Tips Membangun Jaringan Komputer Lab Sekolah ini, Salam Sukses Selalu Ya. (Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *